Senin, 27 April 2009

OTDA MENUNTUT KEMANDIRIAN DAERAH


Maumere_ Otonomi menuntut kemandirian dan kreatifitas daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Kemandirian daerah dapat diukur dari beberpa aspek antara lain kualitas sumber daya aparatur yang memadai, pendapatan asli daerah yang dapat mencukupi kebutuhan daerah, organnisasi dan manajemen yang baik, partisipasi masyarakat yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai dan potensi sumber daya alam yang tinggi.
Demikian ini disampaikan Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus,M.M. pada Upacara Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah, di Halaman Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sikka Jl El Tari Maumere, Senin (27/04/2009).
Pada Hari Otda yang mengambil thema : Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Pelayanan Publik Dan Daya Saing Daerah Menuju Masyarakat Sejahtera. Wera Damianus, dalam pidatonya juga menjelaskan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan tanggung jawab seluruh aparatur pemerintah daerah mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkay dusun.
Untuk itu kualitas sumber daya aparatur harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, hal ini sejalan dengan salah satu misi pembangunan kabupaten Sikka kabupaten Sikka yaitu meningkatkan mutu sumber daya manusia dan lingkungan dalam upaya mencapai derajat kesehatan dan tingkat pendidikan melalui pelayanan kesehatan serta pendidikan formal dan non formal yang bermutu.
Peningkatan daya saing daerah merupakan obsesi besar bagi setiap daerah untuk semakin kreatif dalam menata dan mengelola system pemerintahannya, merencanakan dan melaksanakan pembangunan secara baik dan bertanggung jawab serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam seluruh tahapan proses pembangunan daerah, hal tersebut akan bermuara pada meningkatnya dinamika perekonomian daerah yang pada akahir meningkatkan pendapatan asli daerah yang berasal dari retribusi dan pajak daerah.
Diakhir pidatonya wakil Bupati menghimbau kepada seluruh komponen penyelenggara pembangunan untuk semakin meningkatkan semangat dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sikka yang bersatu, berkeadilan, sehat, cerdas, dan bermartabat dengan berbasis pada latar belakang sejarah dan budaya melalui sistem pemerintahan yang baik dan bersih Hadir dalam upacara Apel tersebut Sekretaris daerah Drs. Sabinus Nabu, Jajaran Muspida, Para Staf Ahli Bupati, serta Para PNS lingkup pemerintah Kabupaten Sikka (pollycarpus)

Tidak ada komentar: