Jumat, 24 April 2009

BUPATI SIKKA RESMIKAN YAYASAN ST. LUKAS LELA


Maumere, Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang pada Jumad (24/04/09), bertempat di aula Vincent A. Paulo RS. Lela meresmikan Yayasan St. Lukas Keuskupan Maumere. Acara pengresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sikka. Hadir dalam pengresmian tersebut Uskup Maumere Yang Mulia Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD Uskup Agung Ende Yang Mulia Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr, jajaran Muspida Sikka, Karyawan RS. Lela serta sejumlah undangaan lainnya. Usai penandatangan prasasti dilanjutkan dengan serah terima jabatan atau pengalihan asset.
Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD dalam sambutannya menandaskan bahwa acara pengresmian hari ini merupakan sebuah sejarah baru dalam lembaran Keuskupan Maumere dalam hal pengalihan asset milik Keuskupan Agung Ende seperti Rumah Sakit dan Lembaga Pendidikan SMK dan Akper Lela dan selanjutnya akan dikelola Keuskupan Maumere dengan nama Yayasan St. Lukas. Pengalihan ini menurut Uskup Maumere adalah merupan suatu tantangan tersendiri dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan.
Dikatakan mantan Uskup Wetabula ini, pengresmian Yayasan St. Lukas hari ini bukan merupakan suatu hal yang baru, karena Yayasan yang menaungi RS Lela dan lembaga pendidikan SMK Kesehatan dan Akper ini sebelumnya merupakan Yayasan Kesehatan telah ada dan pergantian nama ini hanya untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada gereja terutama Susteran SSPS mengembangkan misi kerasulannya tidak hanya bidang pendidikan dan kesehatan tetapi semua asset.
Hal senada juga diungkapkan oleh Uskup Agung Ende Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr dalam sambutannya. Menurut Uskup Sensi dengan lahirnya Keuskupan Maumere yang merupakan pemekaran dari Keuskupan Agung Ende, maka asset yang ada di Keukupan Maumere merupakan milik Keuksupan Maumere dalam hal ini Rumah Sakit Lela dan lembaga pendididikan yang dinaunginya. Dengan otonomi tersebut Uksup Agung Ende berharap kedepan Rumah Sakit Lela akan semakin berkembang dengan baik dalam semangat pelayanan kesehatan untuk semua orang yang membutuhkan.
Acara pengresmian tersebut berlangsung sederhana, namun cukup meriah karena diisi dengan atraksi dan hiburan yang dibawakan oleh siswa-siswa SMK Kesehatan dan Akper Lela.(PolyHumassikka)

Tidak ada komentar: