Selasa, 07 April 2009

kulababong

SEMALAM DI LAPANGAN

Abis pulang studi sore jam 05.30, Inang putri satu mata wayang Dede Teke tida langsung pulang. Putar di pertokoan Maumere lengkap dengan sragam sekola. Suda bosan mondar mandir di pertokoan, pas jam 06.30 malam Inang cabut HP sms Amang janji jemput di Patung Teka sekarang juga.
Belum tepat lima menit, sang arjuna muncul pake sepeda motor pretelan pokonya serba kul abis. Inang biar peke rok, langsung nungging rapat beri habis. Sementara baku nungking di atas motor, Inang dapa telp dari Teke sang ayah.
“ Inang sekarang dimana? Suda malam begini belum pulang” Tanya Teke.
“Inang masi kerja PR bapa” jawab Inang
“kerja PR dimana?” Tanya Teke lagi.
“diteman pu ruma, sebentar Inang pulang sendiri dengan ojek”
“oke, baek suda” jawab Teke.
Habis terima telpon, Inang sambil nungging peluk Amang sampai lari lewat batas maksimal. Putar pertokoan, lanjut ke pelabuhan makan nasi bebek. Pokonya Amang servis Inang kasi habis memang. Habis makan bebek goreng tancap motor ke Lapangan Umum Kota Baru. Cari lokasi disudut pagar yang aman ngeri, pokonya tempat gelap yang setan saja tida bisa liat.
Dilapangan ini tida saja remang, tapi memang gelap gulita ngeri. Pagar tembok tinggi keliling satu lapangan. Tida ada lampu, pokonya gelap gulita. Tempat paling aman untuk mesum, tida heran kalo sejak lapangan ini dipagar prosentase kelulusan turun.
Sudah jam 08.00 malam, karena asyik kerja PR Inang dengan Amang sampai lupa waktu. Biar ada orang latian sepeda motor dengan lampu jauh, Inang Amang bodo amat. Cuek habis.
Dua bulan berlalu, Inang mulai munta - munta. Tulis surat sakit ke sekolah katanya sakit malaria komplikasi dengan sakit lambung. Padahal Inang suda berbadan dua, alias hamil. Tida saja hebo di kompleks tapi juga tenar di sekolah jadi bahan omongan.
“hamper tiap hari pulang malam, katanya belajar. Masa orang belajar sampai hamil” komentar Ama Plete.
“bagaimana tida hamil, kalo belajar malam sambil kerja tugas sampingan” sambung Dede Poi.
“orang belajar di ruma, mereka te belajar di lapangan gelap. Hamil dan putus sekolah itu te hasil dari pekerjaan ruma. Bikin malu, bikin orang tua rugi saja” komentar sambung Plete.
“sekarang siapa – siapa saja yang salah. Yang sala te Inang, Amang, Dede Teke, Sekolah dan Pemerintah” jelas Poi.
Pemerintah hanya tahu bikin pagar tapi lupa lampu lapangan, sekolah hanya tau urus anak kalo bermasalah di sekolah, Teke sang ayah sibuk dengan urusan sampe lupa jemput. Amang tida bisa jaga perbuatan, kalo dia hanya pikir diotak untuk buat jahat saja baik. Ini dia harus sampai buat. Sedangkan Inang tida bisa jaga diri.
Jadi pemerintah seakan kasih tempat, sekolah malas tau dengan urusan di luar jam sekolah, orang tua malas tau, Amang mana tahan, Inang mau – mau saja karena cinta. Jadi satu sama lain berkaitan sampai ada korban.
Yang dukung masa depan anak sekolah ya kita semua. Ulang – ulang kita omong kalo masa depan dan pendidikan anak adalah tanggung jawab kita semua tapi ini salah satu kegagalan kita semua. Dan makanya kerja sesuatu itu harus dengan baik, harus tuntas memang. Supaya tida adalagi sinetron atau kisah romantis semalam di lapangan. (johnoriwis)

Tidak ada komentar: