Kamis, 27 Agustus 2009

Guru Agama Jadi Panutan Masyarakat

Maumere_ Yang namanya guru pasti harus menjadi panutan, apa lagi menjadi seorang guru agama. Ada tiga hal utama yang harus dilakukan oleh seorang guru agama yakni membangun hubungan antara para guru agama, hubungan antara seorang guru agama dan para siswa dan hubungan seorang guru agama dengan orang tua atau wali.

Demikian ini disampaikan Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, dalam arahannya saat membuka kegiatan Panel Diskusi Evaluasi Pendidikan Agama Kabupaten Sikka tahun 2009 yang diselenggarakan oleh Departemen Agama kabupaten Sikka bersama Dinas PPO kab Sikka bertempat di Aula LK3I Jalan Sukarno Hatta Maumere, Selasa (25/08/2009).

“ Guru agama harus memahami apa tugas seorang guru agama di sekolah dan apa yang harus ia kerjakan ketika berada dimasyarakat. Seorang guru agama harus memahami tentang agama dan harus menjadi contoh atau panutan yang baik bagi masyarakat “ jelas Sosimus Mitang.

Kepada Dinas PPO ditegaskan Sosimus untuk segera menindaklanjuti pendidikan penyetaraan para guru untuk mengenal lebih jauh tentang ilmu guru serta sertifikasi para guru harus diberikan kepada guru-guru yang berprestasi

Disamping itu juga kepada para guru Sosimus berharap untuk berpartisipasi bersama para bidan dan perawat untuk membantu meningkatkan kualitas gizi bayi serta menggunakan bahan makanan lokal demi penigkatan kesehatan dan ekonomi.

Ia juga menghimbau kepada seluruh guru untuk bersama meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan menuju Sikka bermartabat.

Kegiatan Panel Diskusi Evaluasi Pendidikan Agama ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkatkan mutu pendidikan agama dalam segala bidang serta peningkatan proses belajar mengajar nata para siswa dan guru yang secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah membangun kemitraan dengan seluruh lintas sekoral serta mengkaji, mencermati dan merumuskan berbagai keputusan untuk dijadikan rekemendasi kepada pemerintah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas PPO Drs. Remigius Jaro, Kepala Kantor Agama Eusebius Binsasi dan para Guru Agama se Kabupaten Sikka. (jonathan)

Tidak ada komentar: