Kamis, 13 Agustus 2009

RAYAKAN HUT KE 50 DPRD SIKKA LUNCURKAN BUKU


Maumere_ Kemarin adalah sejarah, dan besok masih misteri. Demikian petikan kalimat yang terpampang disebelah selatan panggung. Adalah benar bahwa kemarin adalah sebuah catatan perjalanan sejarah, dan besok adalah bagian dari penggalan kehidupan yang masih misteri. Untuk mengingatkan kita, warga Kabupaten Sikka akan catatan perjalanan hari – hari kemarin yang adalah sejarah, pada Perayaan Ulang Tahun DPRD Kabupaten Sikka ke 50, diluncurkan buku berjudul “Pentas Demokrasi di Panggung Kula Babong “.
Buku ini terdiri dari dua jilid, pada buku jilid I setebal 300 halaman berisikan kenangan emas 50 tahun DPRD Sik ka. Sedangkan buku jilid II setebal 150 halaman merupakan kompilasi tulisan dari kalangan akademisi, politisi, dan pimpinan partai politik.
Koordinator penulisan buku “Pentas Demokrasi di Panggung Kula Babong “, Egenius Paseli da Gomez, dalam Kata Sambutannya selaku Ketua Panitia Perayaan Emas 50 Tahun DPRD Kabupaten Sikka (1959 – 2009) menjelaskan dengan segala kekurangan data, informasi dan dokumentasi serta keterbatasan kemampuannya, para penulis, para penulis membentangkan perjalanan sejarah DPRD Kabupaten Sikka dari periode pertama tahun 1959 – 1961 sampai periode terakhir, periode ke sebelas, tahun 2004 – 2009.
Didalam lembaran 348 halaman jilid pertama buku tersebut bisa dibaca tentang pelaku – pelaku sejarah, tentang prestasi dan kinerja, tentang sukses dan gagal, tentang kendala dan hambatan yang dialami dalam perjalanan sejarah DPRD Kabupaten Sikka selama 50 tahun.
“apa yang telah dikerjakan selama ini, dilihat dari kaca mata masa depan sesungguhnya merupakan bagian dari tahapan – tahapan permulaan bagi pelaksanaan pembangunan yang akan datang “ jelas E.P. da Gomez.
Sementara Sekertaris DPRD Kabupaten Sikka, Contantinus Tupen,S.H. dalam Prakata sebagai penerbit menguraikan sejarah perjalanan, pertumbuhan dan perkembangan DPRD Kabupaten Sikka sejak terbentuknya 23 Juli 1959 hingga saat ini (2004 – 2009) menjadi ulasan utama dalam buku yang di terbitkan Sekertariat DPRD Kabupaten Sikka.
“Meski belum sempurna, kiranya buku ini dapat menjadi refrensi bagi anggota DPRD Periode 2009 – 2014 dan bagi siapun yang berminat” Constantinus Tupen,S.H.
Beberapa penulis artikel dalam buku ini: EP da Gomez, F. Even Edomeko, Imanuel Mabikafola, Kanis Lewar, Yohanes Taping, Sika Bonefasius Konstantinus Tupen Pater Robert Mirsel, SVD Wera Damianus, Paolus Nong Susar, Alfridus M. Aeng, dan Rafael Raga. Dan tim pewawancara antara lain Ishak Pelang,S.H. Drs. Sika Bonefasius, Yohanis Oriwis NS,S.Sos. Agustina Endang Susilawati,S.S. dan Lambertus Lorinho,S.H.
Usai peluncuran, panitia memberikan/membagikan buku-buku kenangan emas kepada Bupati, Wakil Bupati, Asisten I Setda NTT, Muspida, dan beberapa undangan lainnya. Para wartawan yang bertugas di Kabupaten Sikka juga mendapat dua buku kenangan plus satu buku “Mengangkat Citra Sebuah Nama yang ditulis Wakil Ketua DPRD Sikka EP da Domez. Buku setebal 333 halaman ini berisikan seputar birokrasi dan pelayanan publik, dan pelbagai momen penting dan refleksi kritis lainnya.
Perayaan puncak 50 tahun DPRD Sikka yang berlangsung di halaman Kantor lembaga dewan itu, Jl. El Tari, Jumat (31/7) berlangsung sangat meriah. Kemeriahan ditandai dengan tampilan dan kemasan acara menari, menyanyi, baca pusi, dan acara kreatif lainnya yang disiapkan panitia. Acara puncak diawali dengan perayaan ekaristi kudus yang dipimpin Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD.
Atraksi dan pelbagai acara yang ditampilkan selama perayaan syukuran emas DPRD ini dibawakan oleh pelbagai lembaga sekolah dan sanggar di Kota Maumere, di antaranya SMPK Frater, SMAN I Maumere, SMP Yapethom, TK Sang Timur, sanggar Lepolima dan Butuk Nunung Ha, dan beberapa sekolah lainnya.
Hadir dalam rangkaian acara puncak ini, Bupati Sikka Sosimus Mitang, Wakil Bupati Wera Damianus, Asisten I Setda NTT John A. Mamulak,pimpinan DPRD Sikka, unsur Muspida, Sekda Sikka Sabinus Nabu, para mantan bupati: Daniel Woda Palle dan Alexander Longginus, mantan pimpinan dan anggota DPRD, Praeses Seminari Tinggi Ritapiret Romo Dr. Hubert Leteng Pr, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pimpinan BUMN/BUMD, dan ratusan undangan lainnya
Mengenang 50 Tahun DPRD Kabupaten Sikka, juga diselenggarakan berbagai kegiatan antara lain : Seminar Sehari dengan tema : Menjadi Wakil Rakyat Yang Profesional dan Pro Rakyat dan Pertandingan Volli Putra Putri antar Kecamatan se Kabupaten Sikka. ( john oriwis / humas sikka )

Tidak ada komentar: