Rabu, 12 Agustus 2009

SISWA WOLON BUE MENULIS DI MEJA BAMBU


Kewapante_ Sebuah bangunan yang terbuat dari bahan bangunan lokal seperti bambu dan balok dari kelapa tampak kokoh berdiri di atas sebuah bukit. Siapa sangka bangunan yang tampak memrihatinkan ini ternyata sebuah ruang belajar, yang merupakan sekolah kaki dari SDN Wairotang Kecamatan Kewapante.

Dengan atap ilalang yang diambil dari hutan, sekolah dasar (SD) kaki Wolon Bue yang belum lama dibangun ini merupakan karya maha besar dari pengurus sekolah, komite dan orang tua murid.

SD Kaki Wolon Bue merupakan buah dari sebuah semangat gotong royong masyarakat Wolon Bue untuk mencerdaskan generasi penerus. Rupanya mereka, orang tua, tidak mau anaknya harus berjalan kaki dengan menempuh jarak yang cukup jauh ke SDN Wairotang.

Alasan inilah yang membuat para orang tua membangun koordinasi dengan Kepala Sekolah SDN Wairotang, Monika Rokuina. Selanjutnya dengan mendapat perhatian dari Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Kabupaten Sikka direstuilah pendirian SD Kaki Wolon Bue.

Saat ini, SD Kaki Wolon Bue telah menerima 27 orang peserta didik. Walau masih belajar dengan meja yang terbuat dari bambu yang menyerupai bale – bale. Semangat belajar anak – anak Wolon Bue untuk mendapatkan ilmu, bak pejuang 45 yang tetap semangat hidup atau mati untuk mendapatkan kemerdekaan.

Servina Nurwati, seorang guru yang bertugas di SD Kaki Wolon Bue berkisah kalau semangat dan antusias anak – anak untuk bersekolah sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan tidak pernah absennya anak didik. Terkecuali ada halangan yang sangat penting.

Pembangunan mulai dari desa seperti yang kumandangkan, Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang dan Wakil Bupati Sikka Dr. Wera Damianus, M.M. kini mulai terwujud. Hadirnya SD Kaki Wolon Bue merupakan bagian dari pendekatan pelayanan dibidang pendidikan.

Selasa (11/08/2009), usai melaksanakan tugas dan melakukan rutinitas di kantor, Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang dan Wakil Bupati Sikka Dr. Wera Damianus, M.M. didampingi Kabag Humas Setda Sikka Markus Welung, B.A. serta Kasat Pol PP Minggus Dominikus dan Rombongan mengunjungi Sekolah Dasar Kaki atau SD kaki Wolon Bue.

Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang ketika berdialog dengan ibu Servina Nurwati salah seorang guru dari SD Kaki Wolon Bue mengatakan pemerintah akan memberikan sumbangan berupa bantuan 30 buah kursi serta sebuah meja guru dalam rangka memperlancar proses belajar mengajar.

Kepada anak – anak, Sosimus Mitang menitipkan pesan supaya semangat belajar jangan sampai luntur karena kondisi sekolah yang memrihatinkan ini. Namun teruslah belajar, siapa tahu garis tangan menunjukan kelak salah satu peserta pendidikan SDK Kaki Wolon Bue akan menjadi seorang pemimpin besar di Negeri ini. ( john oriwis / jonathan ).

Tidak ada komentar: