Kamis, 27 Agustus 2009

SISIKAN BOS DAN BOMM UNTUK PRAMUKA

Maumere_ Kepada Camat dan Kepala Sekolah, Sosimus menegaskan untuk memberi dukungan sepenuhnya kepada Pembina dan anggota pramuka dengan mengalokasikan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Bantuan Operasional Manajement Mutu (BOMM) untuk kegiatan pramuka di tingkat gugus depan, ranting maupun tingkat cabang.

Ini disampaikan Bupati Sikka Drs.Sosimus Mitang pada Peringatan HUT Gerakan Pramuka ke 48 Tahun 2009 tingkat Kabupaten Sikka dihalaman Sekolah Dasar Wolofeo, Kecamatan Tanawawo, Jum ad (14/08/2009) lalu

Dan untuk membangun kesadaraan persaudaraan dan gotong royong membangun Kabupaten Sikka, maka HUT Gerakan Pramuka ke 48 Tahun 2009 tingkat Kabupaten Sikka mengusung thema “ Dengan Semangat Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke 48 Tahun 2009 Kita Lestarikan Pancasila dan UUD 1945 serta Memperkokoh Pembangunan Mulai dari Desa “.

Pelaksanaan hari ulang tahun pramuka yang dilaksanakan diseluruh persada Nusantara bahkan diseluruh dunia adalan salah satu metode pendidikan kepramukaan yang efektif dan dinanmis dalam rangka pembentukan watak, kepribadian, pemantapan mental, moral, fisik, intelektual emosional anggota pramuka sebagai bagian integral dari anggota masyarakat, bangsa, dan negara kesatuan republic Indonesia dengan semangat persatuan dan cinta tanah air

Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang juga mengatakan gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal berkewajiban berperan serta secara aktif dalam menunjang usaha Pemerintah Republic Indonesia dan masyarakat dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka melaksanakan pembangunan dari desa.

Dikatakannya tugas pokok gerakan pramuka adalah membina anak-anak dan pemuda Indonesia melalui pendidikan kepramukaan sehingga menjadi tenaga kader pembangunan disegala bidang, “ apabila tugas pokok kegiatan ini dilakukan dengan sebaik-baiknya maka gerakan pramuka telah melaksanakan peran sertanya dalam peningkatan sumber daya manusia”.

Sosimus juga mengintruksikan kepada semua sekolah tingkat SD/SMP/MTs/SMA/MA/AMK di kabupaten agar mendirikan gugus depan dan kegiatan kepramukaan dan meminta laporan pertanggungjawaban kepala sekolahdalam pelaksanaan kegiatan pramuka setiap bulan, mengistruksikan kepada kepala cabang dinas pendidikan yang berada di tingkat kecamatan untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kepramukaan baik yang diselenggarakan oleh kwartir cabang maupun oleh kwartir ranting, menyediakan paket bantuan dana untuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi Pembina pramuka minimal setahun sekali serta pembinaan disiplin watak, mental dan kepribadian serta martabat yang mantap dan baik dan harus ada kerja sama antar kwartir cabang dengan dinas pendidikan pemuda dan olah raga diharapkan untuk lebih ditingkatkan agar generasi muda kabupaten Sikka memliki tanggung jawab, wawasan, pengalaman dan keterampilan luas untuk ikut serta membangun masyarakat dan bangsa serta menepati dasa darma pramuka.

Usai upacara Apel diadakan penyerahan bantuan berupa Bolla Voly dan Net untuk 8 desa serta kostum untuk mudika Paroki Wolofeo yang diserahkan langsung oleh Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang.

Bupati Sikka Lantik Pengurus Gerakan Pramuka Tanawawo

Sehari sebelumnya, pada Kamis (13/08/2009) Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang melantik Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tanawawo

Proses pelantikan majelis pembimbing ranting gerakan pramuka ini, dilaksanakan di halaman SDI Wolofeo disaksikan oleh seluruh pengurus dan anggota gerakan pramuka Kabupaten Sikka.

Susunan Majelis pembimbing ranting gerakan pramuka kecamatan Tanwawo
Ketua majelis pembimbing ranting : camat Tanawawo, wakil ketua : Danramil 1603-03 Paga, Ketua Harian : Kapolsek Paga, Sekretaris : Sekretaris kecamatan Tanawawo, anggota Mabiran Urusan saka Bhakti husada : Kepala Puskesmas Tanawawo, Anggota Mabiran urusan Pendidikan : Kepala SMPK Gunung Karmel, Anggota Mabiran urusan pengabdian dan hubungan Masyarakat : Kepala Seksi kesejahteraan sosial kecamatan Tana Wawo.

Sementara itu Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM juga melantik Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tanawawo untuk masa bakti 2009 sampai 2013.

Untuk kepengurusan kwartir ranting gerakan pramuka kecamatan Tanawawo diketuai oleh Yoseph Betaria, wakil ketua Wihelmus Ruju Mara, Sekretaris Elisabeth Krismiati Kewa dan Bendahara A.V. Consolata. (Team Humassikka )

Tidak ada komentar: