Rabu, 13 Mei 2009

PENDIDIKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Maumere_ Pendidikan Sains, Teknologi dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Demikianlah thema dari Hari Pendidikan Nasional Tahun 2009 yang diperingati dengan upacara Apel yang dilaksanakan Senin (04/05/2009) di halaman Kantor Bupati Sikka jalan Eltari Maumere.

Upacara Apel dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional ini, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM selaku Inspektur Upacara, dengan Pemimpin upacara Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas PPO kabupaten Sikka Aloysius Ngari.

Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM, dalam arahannya mengatakan ”Pendidikan Sains, Teknologi dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Thema ini mengacu kepada Spirit yang tertuang dalam Renstra Depdiknas tahun 2005 – 2009 yang menetapkan visi dan misi pendidikan nasional yaitu mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, yang berkeadilan, bermutu, relevan dengan kebutuhan masyarakat local dan global dan secara khusus bertujuan untuk memupuk dan menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, kebangsaan dan patriotisme serta cinta tanah air di kalangan warga bangsa, untuk mewujudkan kesadaran bermasyarakat dan bernegara serta meningkatkan komitmen untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik kualitas ilmu pengetahuan dan ketrampilan maupun kualitas kesehatan dan moral”.

Dikatakannya ”visi pendidikan nasional yang sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Sikka yaitu terwujudnya masyarakat kabupaten Sikka yang bersatu, berkeadilan, sehat, cerdas dan bermartabat dengan berbasis pada latar belakang sejarah dan budaya melalui system pemerintahan yang baik dan bersih yang dilengkapi dengan salah satu misinya yaitu meningkatkan mutu sumber daya manusia dan lingkungan dalam upaya mencapai derajat kesehatan dan tingkatkan pendidikan melalui pelayanan kesehatan serta pendidikan formal dan non formal yang bermutu, dalam pelaksanaannya telah menunjukan banyak kemajuan. Untuk itu kita harus bekerja keras untuk membnagun pendidikan di kabupaten Sikka ini dalam rangka peningkatan mutu pemerataan pendidikan melalui berbagai terobosan kebijakan guna menjawab berbagai kekurangan dan tantangan yang dihadapi”.

Dalam mewujudkan visi pendidikan Nasional dan khususnya visi pembangunan Kabupaten Sikka Damianus mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Sikka khususnya jajaran pendidikan Kanupaten Sikka untuk bersama – sama bahu membahu, bergandengan tangan membagi peran untuk membangun pendidikan di Nian Sikka tercinta ini.

Hadir dalam Upacara tersebut Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, Ketua DPRD Sikka Drs. A.M. Keupung, Sekretaris Daerah Drs. Sabinus Nabu, Jajaran Muspida, Para Asisten, para Staf Ahli Bupati, Para kepala Badan/Dinas/Bagian/Unit satuan kerja Pemda Sikka serta para Siswa-Siswi SD, SMP dan SMA.


Bupati Sikka Serahkan Sertifikat Profesi Pendidikan

Sebanyak 71 tenaga pendidik di Wilayah Kabupaten Sikka pagi tadi, memperoleh Sertifikat Profesi Pendidikan yang diserahkan langsung Oleh Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, usai Upacara Apel peringatan hari pendidikan Nasional.

Sebelum meyerahkan sertifikat profesi pendidikan kepada 71 tenaga pendidik Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang menghimbau kepada para guru diseluruh wilayah Kabupaten Sikka untuk lebih meningkatkan SDM para peserta didik sehingga target kelulusan untuk tahun 2009 ini dapat lebih ditingkatkan.

Penyerahan sertifikat profesi pendidikan kepada 71 tenaga pendidik ini disaksikan oleh Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM, Ketua DPRD Sikka Drs. A.M. Keupung, Sekretaris Daerah Drs. Sabinus Nabu dan jajaran Muspida

Penyerahan sertifikat profesi pendidikan kepada 71 tenaga pendidik ini dengan kualifikasi untuk guru SD yang berstatus PNS sebanyak 3 orang. Untuk guru SMP yang berstatus PNS sebanyak 27 orang dan yang Non PNS sebanyak 6 orang. Untuk guru SMA yang berstatus PNS 8 orang dan yang Non PNS sebanyak 6 orang sedangkan untuk guru SMK yang berstatsus PNS sebanyak 19 orang dan yang Non PNS sebanyak 3 orang (jonathan)

Tidak ada komentar: