Jumat, 22 Mei 2009

PEMDA BANTU 100 JUTA UNTUK SANPUKAT


Maumere _Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, Selasa (19/05/2009) menyerahkan dana bantuan sebesar 100 juta Rupiah kepada Yayasan Pendidikan Umat Katholik (SANPUKAT) yang diterima langsung oleh ketua yayasan Romo Kanisius Mbani Pr., disaksikan oleh Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM beserta seluruh staf Sanpukat.
Sanpukat adalah sebuah yayasan katholik yang membawahi 179 sekolah dengan 1487 siswa dan 1750 guru baik swanta maupun guru negeri. Yayasan ini mempunyai 3 tugas utama yakni tugas perwalian yaitu menjadi sebuah payung hukum terhadap semua sekolah katholik milik umat yang ada dibawah hierarki geraja resmi, mewakili sekolah dalam urusan-urusan kepemerintahan dan lembaga-lembaga sosial lainnya.
Tugas pembinaan adalah melakukan pembinaan rohani terhadap mental dan perilaku para guru, siswa dan siswi serta sekolah-sekolah asuhannya lewat rekoleksi, misa sekolah dan pertemuan-pertemuan khusus. Tugas pelayanan yaitu melayani segala kebutuhan sekolah-sekolah asuhannya dalam bidang administrasi, manajeman, sarana prasarana dan keuangan.
Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang dalam arahan sebelum meyerahkan bantuan menghimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk selalu disiplin dalam mengelola manajeman keuangan, kepegawaian dan peralatan.
Dikatakannya bantuan yang diberikan ini difokuskan pada tiga aspek yaitu aspek pembinaan, monitoring dan evaluasi, untuk itu diharapkan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga disetiap akhir tahun untuk selalu melakukan evaluasi dengan pihak yayasan sehingga dapat diketahui secara pasti kemajuan dari masing-masing sekolah.serta harus dibuat pula Peta penyebaran tenaga pengajar atau guru sehingga mudah untuk dimonitoring.
Kepada para pastor Paroki Bupati Sosimus berharap untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan para guru yang bertugas diparoki tersebut sehingga kualitas pendidikan dapat lebih ditingkatkan lagi.
Disamping itu ketua yayasan Sanpukat Romo Kanisius mbani Pr, usai menerima bantuan mengatakan, bantuan yang diterima ini akan dipergunakan sesuai dengan peruntukannya demi peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Sikka menuju Sikka bermartabat 2013.
Pada kesmpatan itu, Bupati Sikka juga meyerahkan sisa bantuan Pembangunan Gereja Thomas Morus berupa dana sebesar 50 juta rupiah yang terima langsung oleh Pastor Paroki Thomas Morus Romo Yakobus Soba Pr. Hadir pada Kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber daya Manusia, Kepala Dinas pendidikan pemuda dan olahraga, Kepala Bagian Kesejahteraan sosial, Kepala Bagian Humas dan Para Romo Pengurus yayasan Pendidikan Umat katholik. (el/nathan)

Tidak ada komentar: