Rabu, 13 Mei 2009

KETRAMPILAN BEKAL MASA DEPAN




Maumere, _ Memberdayakan manusia dengan meningkatkan mutu kreatifitas dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga.. Demikianlan himbauan Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang dalam acara penutupan Kursus Ketrampilan Remaja Putri Paroki Habi, Jum ad (08/05/2009) di Aula Paroki Habi, Desa Habi, Kecamatan Kangae.

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wanita, TP PKK Kabupaten Sikka dalam hal ini kelompok kerja 3 telah menyelenggarakan kursus ketrampilan wanita di Paroki Habi selama kurun waktu 3 bulan yang dimulai sejak bulan frebuari 2009.


Rangkaian Kegiatan Kursus ketrampilan Wanita yang dilaksanakan selama 3 bulan ini, mencakup kegiatan keterampilan menjahit, kegiatan memasak dan ketrampilan Praktis. Peseta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 39 orang yang dibagi dalam 5 Kelompok dengan 3 kelompok yang mengikuti kursus menjahit dan 2 kelompok mengikuti kursus memasak.

Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang dalam arahanya mengatakan dengan diadakannya kegiatan ini maka dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja putri agar dapat memberdayakan dirinya sendiri di masa depan.

Dikatakannya dengan adanya keahlian atau kreatifitas yang dimiliki oleh para peserta kursus maka dapat meningkatkan perekonomian keluarga dalam hal ini dapat menanggulangi masalah biaya kesehatan dan pendidikan.

Untuk itu kepada PKK dan Dinas terkait agar selalu melakukan monitoring kepada seluruh anggota kelompok yang sudah megikuti kursus agar dapat terus mengembangkan ilmu yang telah diperoleh.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM,. untuk lebih kreatif dalam mengelola bahan makanan lokal menjadi berbagai jenis makanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi dan dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

Disamping itu Wakil Bupati juga menghimbau untuk rajinlah menanam dan tanaman yang akan ditanam harus disesuaikan dengan kondisi daerah dan kondisi tanah sehingga hasilnya bagus dan mempunyai nilai jual yang bagus.

Dalam kesempatan itu Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang juga menyerahkan Bantuan berupa mesin jahit sebanyak 3 unit kepada 3 kelompok kursus dan 2 paket bantuan alat masak kepada 2 kelompok memasak.

Penyerahan Bantuan tersebut disaksikan oleh wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Firmina sedo Mitang, Ketua Panitia Ny. Reneldis Paji Wera, Pastor Paroki Habi Romo Arkadius dosando Pr, Kepala Badan ketahanan Pangan, Kepala BPMD, Kepala dinas Pariwisata dan kepala desa Habi. ( Jonathan )

Tidak ada komentar: