Jumat, 22 Mei 2009

BUPATI SIKKA DATANGI SMPN 3


Maumere_ Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang bersama Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus MM, Selasa (19/05/2009) belum lama ini mendatangi SMP Negeri 3 Maumere di Nanghure Kelurahan Wuring Kecamatan Alok Barat. Kedatangan kedua pemimpinan kesekolah itu merupakan kunjungan kerja biasa dalam rangka pembinaan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Kepada 27 orang guru PNS, 9 orang guru Komite serta pegawai yang hadir, Bupati Sikka Sosimus Mitang menyampaikan bahwa kunjungan dan tatap muka tersebut dilaksanakan demi menjaga kelanggengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan keseluruhan manajemen pendidikan dengan sebaik mungkin. Kunjungan ini sekaligus merupakan kesempatan pembinaan bagi para guru dan pegawai yang menjadi salah satu tugas pokok Bupati dan Wakil Bupati.
Menanggapi pemberitaan media cetak yang ada, Sosimus sangat menyayangkan hal itu. Menurutnya, permasalahan yang ada harusnya diselesaikan dengan baik secara internal, baik dalam sekolah maupun dengan aturan birokrasi kepemerintahan dan tidak melibatkan pihak luar yang tidak berkompoten didalam lembagai pendidikan tersebut. Untuk itu, setiap lembaga teknis diharapkan supaya dapat mengatasi berbagai persoalan internal.
“Jika masih ada kendala, barulah berkonsultasi dengan Bupati selaku Pembina dan Kepala Wilayah.”, kata Sosimus.
Ia mencontohkan, Kepala Sekolah dan Bendahara yang secara khusus mendapat kepercayaan dari Bupati dalam melaksanakan tata kelola bidang keuangan. Untuk tugas itu, kata Sosimus, mereka mendapat Surat Keputusan dari Bupati. Kalau dalam perjalanan ada masalah, jangan diekspose keluar tapi berkonsultasilah terlebih dahulu dengan Bupati.
Kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 3, Paulus Depa,B.A. serta kepada Jajaran Guru dan Pegawai yang ada di sekolah itu, Bupati Sosimus secara khusus berpesan agar senantiasa menciptakan perekat hubungan antar sesama guru dan pegawai sehingga tidak mudah disusupi isu-isu dari luar yang dapat mengganggu keseimbangan relasi dalam pelaksanaan tugas.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati dr Wera Damianus mengatakan, seorang guru itu laksana obor yang menerangi para siswa dan masyarakat. Jagalah jangan sampai kehabisan minyak atau sebaliknya janganlah menyala berlebihan sehingga orang lain kepansan atau terbakar. Wera Damianus juga meminta agar para guru senantiasa mengenakan uniform nasional untuk menampakkan kebesarannya sebagai pendidik. (el/nathan)

Tidak ada komentar: