Jumat, 23 Oktober 2009

SOSIMUS : Jalin Kerukunan Antara Umat beragama

Maumere, SPIRIT_ Jalin kerukunan antar umat beragama demi membentengi semua persoalan yang masuk dari luar demi terciptanya situasi yang aman dan harmonis menuju Sikka yang bermartabat. Demikianlah harapan Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang ketika membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama dan menteri Dalam Negeri Nomor 9 / 8 tahun 2006 bagi Tokoh Agama, Tokoh Generasi Muda dan Penyuluh Agama tingkat Kabupaten Sikka.




Sosialisasi peraturan Menteri tersebut dilaksanakan di Aula Paroki Watu Bala, Kamis (22/10/2009) dan didikuti oleh Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Waigete, Talibura dan Waiblama.



Kegiatan yang difasilitasi oleh Badan Kesbangpol dan Limas Kabupaten Sikka ini, dihadiri oleh Para Pemuka Agama dari masing-masing Agama, Camat Waigete Agustinus Akar S.Sos, Camat Talibura Vinsensius Hulir, Perwakiln dari Kecamatan Waiblama, Kepala Bagian Kesra Servasius Kabu, Asisten 1 Melkior Gedo SH dan para peserta



Bupati Sikka dalam Sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut mengharapkan agar Iman yang dimiliki oleh setiap individu harus benar-benar penuh dan utuh dari dalam diri sehingga dapat menghalau berbagai kemungkinan yang datang atau yang masuk dari luar.



Dikatakannya perwujudan iman dalam kehidupan nyata sehari-hari adalah saling menghormati antara umat beragama

” sesuai dengan peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri bahawa semua individu wajib memelihara kerukunan antara umat beragama”

Disamping itu dalam Peraturan menteri tersebut juga termuat aturan tatacara pendirian rumah ibadat sehingga tidak terjadi silang sengketa antar pemeluk agama.



Sosimus juga menegaskan kepada seluruh PNS untuk selalu mengikuti pembinaan rohani pada hari jumad minggu pertama dalam bulan.serta kepada seluruh masyarakat Sikka agar selalu sambung rasa dalam merukunkan semua agama di Nian Sikka ini



Diakhir arahan Bupati Sikka menghimbau jika kita ingin bangsa Indonesia tetap bersatu padu, berdiri kokoh ditengah bangsa lain, cegah faktor-faktor yang dapat menghambat dan memecahkan persatuan dan kesatuan bangsa untuk itu mari kita bangun Komitmen untuk selalu bersama berjuang merobah tatanan hidup yang bermartabat menuju terciptanya masyarakat Sikka bahagia dan sejahtera. (jonathan/humassikka)

Tidak ada komentar: