Rabu, 17 Juni 2009

TIDAK BENAR ADA PUNGUTAN


Maumere_ Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang mengakui tidak pernah memerintahkan seseorang untuk melakukan pungutan lima persen dari setiap proyek yang sedang ditangani para kontraktor maupun para pengusaha yang ada di Kabupaten Sikka.
Demikian hal ini disampaikan Sosimus Mitang pada acara tatap muka dengan para kontraktor dan pengusaha se Kabupaten Sikka di Aula Serba Guna Rumah Jabatan Bupati Sikka Jl El Tari Maumere, Kamis (11/06/2009).
Penjelasan Sosimus Mitang ini terkait adanya informasi dari para kontraktor bahwa ada pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab dan telah mengatasnamakan Bupati Sikka memintah sejumlah uang kepada para kontraktor via handphone.
Sehingga ditekankan agar para kontraktor dan pengusaha yang ada di Kabupaten Sikka supaya tidak mudah percaya dan harus melakukan kroscek terhadap Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka terkait kebenaran permintaan sejumlah dana dari pihak tertentu dengan mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Sikka.
“mafia – mafia kecil yang melakukan pungutan dan permintaan sejumlah dana dengan mangatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Sikka sedang kita telusuri, supaya sesegera mungkin diperoses secara hukum” jelas Sosimus Mitang dengan nada kesal.
Mantan Sekertaris Daerah Kabupaten Sikka ini juga menjelaskan bahwa hubungan baik antara pemerintah dengan para kontraktor dan pengusaha yang ada di Kabupaten Sikka supaya tetap terjaga dengan baik. Demi suksesnya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sikka, karena para kontaktor dan pengusaha yang ada di Kabupaten Sikka juga tentunya memiliki tanggung jawab terhadap suksesnya pelaksanaan pembangunan di Nian Sikka.
Himbauan yang sama juga pernah disampaikan Sosimus Mitang ketika melakukan tatap muka dan rapat koordinasi beberapa waktu lalu dengan para SKPD, PPK dan Panitia Proyek supaya bekerja sesuai aturan yang ada dan tetap menjaga hubungan kemitraan dengan para kontraktor dan pengusaha secara baik. Dan menjalankan proses tender dan pengawasan pelaksanaan proyek sesuai aturan dan perundang – undangan yang berlaku.
Sementara Wakil Bupati Sikka dr. Wera Damianus,M.M. dalam arahannya mengharapkan agar diantara para kontraktor dan pengusaha supaya saling memperhatikan dan berdiskusi terkait pelaksanaan proyek yang sedang ditangani. Evaluasi ini perlu dilakukan sehingga pelaksanaan proyek yang sedang dikerjakan dapat terlaksana tepat waktu dengan hasil yang baik pula.
“semua kontaktor di Kabupaten Sikka mempunyai hak yang sama untuk mengikuti tender, namun dalam prosesnya sangat diharapkan supaya terlaksana sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada “ jelas Wera Damianus.
Ketika ditanya Bupati Sikka perihal keikutsertaan anggota keluarga Bupati maupun Wakil Bupati Sikka yang juga berprofesi sebagai kontraktor dan pengusaha dalam tender proyek, para kontraktor dan pengusaha yang hadir menjawabi anggota keluarga Bupati maupun Wakil Bupati Sikka yang juga sebagai kontraktor dapat mengikuti tender untuk melaksanakan proyek, asal mengikuti mekanisme dan aturan yang ada.
Hadir pada kesempatan tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Sikka, Drs. Sabinus Nabu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Sikka Drs. Cypri da Costa, Para Kepala Dinas Badan Kantor Bagian dan para kontraktor dan pengusaha yang ada di Kabupaten Sikka. (johnoriwis)

Tidak ada komentar: