Kamis, 23 Juli 2009

SOSIMUS : “sukseskan ketahanan pangan lokal”


Maumere_ Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang untuk kesekian kalinya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sikka untuk ikut serta menyukseskan rencana pemerintah dibidang ketahanan dan kedaulatan pangan lokal. Sebelumnya hal senada juga pernah disampaikan Sosimus Mitang dalam arahannya ketika melakukan kunjungan kerja ke wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Sikka.
Demikian ajakan ini kembali disampaikan Sosimus Mitang dalam arahannya usai mencanangkan Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun 2009 Tingkat Kabupaten Sikka di Halaman Kantor BPD Pruda Desa Pruda Kecamatan Waiblama. Rabu (22/07/2009).
Dikatakan Mantan Sekertaris Daerah Kabupaten Sikka, Sosimus Mitang, bahwa masyarakat Sikka supaya mulai membagkitkan kembali semangat gotong royong, untuk ikut serta bersama pemerintah supaya memfokuskan diri pada ketahanan dan kedaulatan pangan lokal di Kabupaten Sikka.
“masalah pangan lokal merupakan masalah yang harus diatasi semua pihak yang ada di Kabupaten Sikka, saat ini masalah ketahanan dan kedaulatan pangan lokal juga menjadi topic pembicaraan yang sedang dibahas pada Pertemuan Pastoral ke Delapan Gereja Nusa Tenggara di Hotel Sylvia Maumere” jelas Mitang.
Dengan demikian masalah ketahanan dan kedaulatan pangan lokal tidak saja menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah lokal, namun juga menjadi masalah dan tantangan yang harus diatasi semua pihak baik yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara maupun di seantero Nusantara.
Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong yang digelar Pemerintah Kabupaten Sikka di Pruda Kecamatan Waiblama ini mengambil thema “ Dengan Bulan Bhakti, Kita Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Menuju Sikka yang Bermartabat”.
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Drs. A.M. Keupung dalam sambutannya menjelaskan bahwa ada dua nilai penting yang terkandung di dalam gotong royong, yakni persaudaraan dan kebersamaan. Untuk semangat gotong royong patut untuk terus di pertahankan demi menyukseskan pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang yang sedang digalakan Pemerintah Kabupaten Sikka saat ini.
“Pemerintah bersama Dewan tentunya tidak akan dapat menjalankan pemerintahan ini dengan baik, tanpa mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat. sehingga melalui pencanangan Bulan Bhakti ini, masyarakat bersama Pemerintah dan DPRD Kabupaten Sikka supaya bergotong royong menyukseskan pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang yang ada. Salah satunya adalah masalah ketahanan dan kedaulatan pangan lokal” kata Keupung.
Sehingga kita semua perlu berjuang keras untuk mewujudkan kemandirian di bidang pangan, karena kita baru bermartabat jika sudah mampu dan cukup memiliki pangan lokal dan berdaulat menentukan pangan lokal sebagai sumber utama pangan kita.
Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun 2009 Tingkat Kabupaten Sikka ditandai dengan penanaman anakan pohon oleh Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, Wakil Bupati Sikka Dr. Wera Damianus MM, DANDIM 1603 Sikka Letkol Kav. Vendy Lumingkewas,S.H., dan para kepala dinas badan kantor bagian yang hadir. (el_johnoriwis/humassikka)

Tidak ada komentar: